Pilihan Rumah Serbaguna di Jakarta untuk Tempat Pesta Pernikahan

0
2828
rumah alexandra's
Rumah Alexandra's - Instagram | woww_nusantara

SELAMA ini pilihan venue pernikahan di Jakarta mungkin sebatas pada gedung pertemuan atau ballroom hotel. Padahal, ada lagi pilihan venue pernikahan yang mungkin selama ini belum pernah  kamu pikirkan, ialah function house atau rumah serbaguna.

Sesuai namanya, biasanya venue ini merupakan bangunan tempat tinggal yang dialihfungsikan untuk disewa sebagai tempat menggelar acara seperti pesta pernikahan. Berbeda dari menggelar pesta di dalam gedung atau ballroom hotel yang terkesan formal, menikah di sebuah function house akan lebih terkesan hangat dan akrab.

Tidak cuma itu, biasanya rumah serbaguna juga dibuat dengan desain arsitektur bertema tertentu. Ini tentu saja akan membuat venue pernikahanmu sudah nampak cantik tanpa terlalu banyak sentuhan dekorasi. Tinggal tentukan saja tema apa yang diinginkan untuk pesta pernikahan nanti, lalu temukan rumah mana yang sesuai dengan tema tersebut.

Berikut kami hadirkan beberapa venue rumah serbaguna di Jakarta untuk pesta pernikahan. Selamat berburu!

1. Rumah Alexandra’s

Rumah Alexandra’s – Instagram | woww_nusantara

Berlokasi di kawasan Kemang Selatan, rumah yang berfungsi sebagai galeri seni ini bisa jadi alternatif pilihan venue pernikahan. Saat memasuki rumah ini, hawa sejuk dan asri langsung menyambut kamu dan tamu undangan dari area taman di Rumah Alenxandra. Desain arsitektur bernuansa Etnik Jawa dan Bali juga kian mempercantik rumah serbaguna yang sudah disewakan sejak tahun 2002 ini.

Di bagian interior, Rumah Alenxandra dilengkapi dengan beragam barang antik seperti koleksi jam antik, tempat lilin, patung, dan pajangan guci. Melihat dari dekorasi dan tema yang diusung, Rumah Alenxandra sepertinya amat cocok untuk kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan dengan nuansa vintage.

Berdiri di atas lahan seluas 3000 meter persegi, ada beberapa ruang yang dapat disewa di Rumah Alexandra diantaranya adalah ruang tamu, ruang makan, dapur, selasar, ruang piano. Ada pula area terbuka di bagian belakang rumah yang difungsikan sebagai taman, kolam renang, serta pendopo bergaya Jawa yang bisa digunakan.

Rumah Alexandra mampu menampung hingga 350 orang untuk pesta berdiri yang digelar di dalam dan luar ruangan, serta 150 orang untuk pesta duduk.

Alamat : Jalan Kemang Selatan V No. 3, Jakarta Selatan.
Telepon : 021 71702629
Kapasitas : 350 orang

2. Rumah Maroko

Rumah Maroko – Instagram | rumahmaroko

Rumah Maroko mulanya merupakan kediaman pribadi milik orangtua dari Ayu Utami. Kemudian sejak tahun 2006, rumah mewah yang terletak di kawasan Menteng ini mulai disewakan.

Keistimewaan Rumah Maroko adalah desain arsitektur yang bergaya Timur Tengah. Atsmofer Timur Tengah pun semakin terasa dengan adanya permadani, piranti makan mewah, hiasan lampu, serta sofa dan bantal dari Timur Tengah. Tak heran selain sebagai resepsi pernikahan, Rumah Maroko juga pernah dijadikan lokasi syuting Iklan TV.

Bila ingin menggelar pesta pernikahan di Rumah Maroko, ada empat ruangan yang dapat disewa yaitu Casablanca Room, The Riyad Courtyard and Terrace, The Quarzazale Lounge, dan Casa Andalucia. Total kapasitas dari seluruh ruangan tersebut ialah 50 hingga 500 orang.

Alamat  : Jalan Tasikmalaya No. 9, Menteng, Jakarta Pusat
Telepon : 0213151107
Kapasitas : 500 orang

3. Roemah 7A

roemah 7 A – Instagram | theroemah7A

Ingin menggelar konsep pernikahan bernuansa Jawa tempo dulu? The Roemah 7A boleh kamu masukan dalam daftar venue incaran. Terletak di kawasan Lebak Bulus Jakarta Selatan, The Roemah 7A memiliki konsep desain arsitektur bergaya joglo. Memasuki area rumah utama ada beragam peralatan khas vintage seperti mobil antik, hingga perabotan tempo dulu seperti sofa bernuansa retro, pemutar musik jadul, dan vespa.

Jika kamu ingin menghadirkan nuansa alami, Roemah 7A juga memiliki area taman dengan rumput terawat dan kolam renang. Selain disewakan sebagai tempat resepsi pernikahan, kamu juga bisa menyewa venue ini untuk lokasi pemotretan pre wedding. Sedangkan dari segi kapasitas, venue pernikahan berkonsep semi-outdoor ini mampu menampung tamu hingga 600 orang.

Alamat : Jalan Lebak Bulus I No.7A, Cilandak, Jakarta Selatan
Telepon : +62 811-855-394
Kapasitas : 600 orang

4. Rumah Imam Bonjol

Rumah Imam Bonjol – via. rumahimambonjol.com

Rumah bertingkat dua yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 66 Jakarta Pusat ini adalah salah satu pionir rumah serbaguna yang ada di Jakarta. Rumah dengan luas bangunan 700 meter persegi di atas tanah seluas 1.200 meter persegi itu mampu menampung sekitar 500 orang. Cocok untuk pesta pernikahn yang terkesan akrab namun tidak telalu kecil.

Dilihat dari tema aristektur bangunan Rumah Imam Bonjol mengusung tema Kolonial dengan nuansa cat berwarna putih. Saat masuk ke dalam rumah, suasana lapang pun terasa dengan banyaknya pintu berdaun lebar di bagian belakang rumah. Sederet furnitur bernuansa klasik pun akan menyapa di beberapa sudut rumah.

Alamat : Jalan Imam Bonjol No. 66, Jakarta Pusat
Telepon : 0213154532 – 36
Kapasitas : 500 orang

5. Rumah Ranadi

Rumah Ranadi – Instagram | getthering

Berdiri di atas area seluas 3500 meter persegi, Rumah Ranadi mampu menampung tamu sekitar 500 – 1000 orang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menggelar pesta besar dengan banyak tamu undangan. Rumah dengan halaman seluas 2000 meter persegi ini juga mampu memiliki lahan parkir yang mampu menampung hingga 260 mobil. Jadi, para tamu tak perlu khawatir kebingungan mencari lahan untuk memarkir kendaraan.

Sejak disewakan pada tahun 2007, Rumah Ranadi terdiri atas pendopo utama dan pendopo mini berbentuk bangunan joglo yang sarat dengan unsur kayu jati. Pepohonan rindang di sekitar Rumah Ranadi juga membuat atsmofer venue ini terasa asri. Untuk gaya arsitektur, interior Rumah Ranadi memang memiliki mengusung gaya tradisional. Namun tetap seimbang dengan sentuhan gaya modern di beberapa bagian.

Alamat : Jalan Jeruk Purut Buntu No. 67N, Jakarta Sekatan
Telepon : 021 78844368
Kapasitas : 1000 orang

 

Baca Artikel Ini : Sebelum Booking, Pelajari Tujuh Tempat Pernikahan Berikut Ini

INTAN WIDIASTUTI

 

LEAVE A REPLY