Menikah Di Museum? Ini Yang Perlu Dicermati!

0
227
menikah di museum
Ilustrasi Menikah di Museum - vimeo

VENUE bukan lagi sekadar tempat untuk melangsungkan pernikahan, tetapi juga berperan dalam membangun suasana pesta yang diinginkan. Maka tak heran jika terkadang ada saja calon pengantin yang ingin menggelar pernikahan di tempat yang tak lazim, seperti museum.

Ya, selama ini museum memang identik dengan hal kuno atau terkesan mistis. Namun belakangan, museum juga semakin populer dimanfaatkan sebagai tempat melangsungkan pernikahan. Beberapa selebriti Indonesia yang memutuskan untuk menikah di museum pun secara tak langsung turut membuat pesta pernikahan di museum semakin diminati.

Dekorasi Bangunan yang Cantik Jika Menikah di Museum

Biasanya bangunan museum didirikan dengan dekorasi eksterior dan interior yang khas sesuai dengan tema museum. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dalam pemilihan museum sebagai venue pernikahan. Pasalnya, dekorasi museum yang sudah cantik ini tentu memudahkan pengantin dalam menegaskan tema pernikahan yang diusung. Calon pengantin yang hendak menggelar pernikahan bertema vintage misalnya, nuansa jadul tentu amat terasa bila pesta digelar di museum bersejarah dengan bangunan khas kolonial.

Seperti halnya pernikahan dari pasangan selebriti Putri Titian dan Junior Liem. Kala itu, mereka memilih area outdoor Museum Arsip Nasional sebagi tempat melangsungkan resepsi pernikahan. Hasilnya? Lihat saja betapa cantiknya hasil foto-foto mereka yang menunjukkan background bangunan Gedung Arsip Nasional tersebut.

Museum Arsip Nasional memang merupakan salah satu museum yang bisa disewa sebagai tempat resepsi pernikahan di Jakarta. Selain itu, kamu bisa menyewa museum lain seperti Museum Bank Indonesia dan Museum Indonesia. Meskipun begitu, faktanya tidak semua museum di Indonesia bisa digunakan sebagai tempat melangsungkan resepsi pernikahan. Sehingga, kamu perlu ekstra usaha bertanya kepada pengelola setempat sebelum memilih museum yang kamu dambakan.

Perlu diingat pula, sejatinya museum memang bukan tempat yang khusus diperuntukkan sebagai venue pernikahan. Jadi jangan heran pula bila ada biaya tak terduga yang perlu dikeluarkan ketika memilih venue unik ini. Bukan untuk menakut-nakuti lho, tetapi setidaknya ini membantumu untuk mengantisipasi jika ada extra fee di luar harga resmi venue pernikahan.

Beberapa pos anggaran lebih yang perlu disiapkan:

  • Toilet. Beruntung bila toilet di museum yang kamu pilih cukup menampung para tamu. Namun jika dirasa tidak memungkinkan, jangan lupa siapkan biaya untuk menyewa toilet portable.
  • Pengaturan Suhu. Siapkan pendingin ruangan Untuk memastikan kamu dan para tamu tetap nyaman selama acara digelar.
  • Generator. Venue tersebut kadang memang tidak disiapkan untuk pesta pernikahan yang butuh banyak aliran listrik. Menyiapkan generator atau pembangkit listrik adalah solusi.
  • Kebersihan. Ini juga tak kalah pentingnya, sebab museum merupakan tempat bersejarah yang perlu dirawat bersama. Jadi, sediakan anggaran khusus untuk memastikan tempat ini tetap bersih setelah pesta digelar. (*)

Baca Artikel Ini : Empat Hal Ini Sebelum Memilih Venue Pernikahan Favorit

INTAN WIDIASTUTI | TR

LEAVE A REPLY