Yang Perlu Diketahui Sebelum Menggelar Resepsi Di Restoran

0
2557
Ilustrasi Restoran - pixabay

BAGI kamu yang tengah bingung memilih venue pernikahan, coba ingat kembali apakah kalian berdua memiliki restoran favorit? Karena bisa jadi restoran tersebut cocok untuk menggelar resepsi pernikahan.
Hidangan lezat, dekorasi tematik, dan suasana yang welcome merupakan sederet kelebihan bila kamu menggelar pernikahan di restoran. Namun, menikah di restoran memang berbeda dengan venue lainnya seperti ballroom atau gedung pertemuan. Untuk itu bacalah tips berikut sebagai panduan.

Harga Paket Pernikahan

Biaya menggelar pesta di restoran umumnya tergantung pada jumlah tamu undangan atau berapa banyak ruangan yang akan digunakan. Selain itu, waktu pesta juga mungkin akan memengaruhi harga paket pernikahan. Jika kamu berencana menyewa seluruh fasilitas restoran untuk pesta pernikahan di jam ramai kunjungan, maka bersiapkan untuk mengeluarkan bujet lebih.
Namun, jika ingin menekan bujet pernikahan. Pangkaslah jumlah tamu undangan dan pilih restoran yang memiliki lebih dari satu ruang makan, atau fasilitas makan pribadi. Sehingga pihak restoran masih bisa membuka ruang makan utama dan bar terbuka untuk publik.

Dekorasi Pernikahan 

Restoran umumnya telah memiliki dekorasi khas yang justru memberi kesan tersendiri pada suasana pesta. Namun, biasanya calon pengantin ingin memberikan sentuhan lain seperti bunga atau backdrop foto. Untuk itu konsultasikan kepada pihak restoran seputar perizinan untuk memindahkan barang atau menambah elemen lain sebagai dekorasi. Tanyakan kepada pihak restoran adakah portfolio dari pernikahan yang pernah digelar sebelumnya di sana sebagai inspirasi tambahan.
Kamu juga dapat mengatur waktu resepsi agar memperoleh suasana restoran yang diandalkan. Misalnya, restoran menampilkan landskap langit malam yang indah, tentu lebih pas untuk pesta cocktail di malam hari. Namun jika restoran yang memiliki teras tertutup kaca, tentu resepsi di siang hari lebih pas untuk memamerkan lingkungan sekitar.

venue restoran
Ilustrasi Venue Restoran – pixabay

Music Matters

Kebutuhan akan musik juga perlu dipertimbangkan saat memilih venue restoran. Kamu tentu tak ingin bukan pesta berjalan tanpa alunan musik yang mengiringi. Namun biasanya, restoran hanya memutar musik tenang sebagai latar belakang karena tidak ingin mengganggu tamu yang lain. Untuk itu konsultasikan kepada pihak restoran seputar jenis musik yanc cocok. Perhatikan pula ukuran ruangan dan daftar tamu untuk menentukan jenis musik yang akan dipilih.

Aturan Parkir

Jika restoran yang dipilih berada di daerah perkotaan yang padat, sepertinya tidak mungkin untuk memiliki banyak ruang parkir. Jika demikian, periksa lahan parkir terdekat di sekitar venue pernikahan. Misalnya halaman rumah ibadah, gedung kantor, atau tempat lainnya. Lalu jangan lupa menginformasikan lokasi parkir tersebut dalam kartu undangan.*
Baca Artikel Ini : Plus-Minus Menggelar Resepsi di Restoran
INTAN WIDIASTUTI | TR

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here