Sebelum Booking, Pelajari Dulu Tujuh Jenis Tempat Pernikahan Ini!

0
1270
tempat resepsi pernikahan
Ilustrasi - maxpicture

MENEMUKAN venue pernikahan favorit mungkin menjadi tugas yang agak sedikit tricky ya. Sebab masing-masing venue tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Belum lagi dengan banyaknya pilihan venue pernikahan yang tersedia. Tak heran bila calon pengantin kerapkali dilanda kegalauan saat berburu tempat pernikahan yang ideal.

Meskipun begitu, sebelum melangkah lebih jauh untuk mendata venue pernikahan, survey, atau bahkan booking, sebaiknya pelajari dahulu tujuh jenis tempat melangsungkan pernikahan berikut sebagai panduan.

1. Hotel

Fungsi utama hotel memang sebagai tempat penginapan. Namun kini, hotel umumnya juga menyediakan berbagai fasilitas ruangan yang bisa disewa untuk pesta pernikahan. Saat memilih hotel sebagai venue pernikahan, biasanya harga yang tercantum sudah termasuk food and beverage atau paket pernikahan. Jadi, tinggal pilih saja sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki.

wedding venue
Ilustrasi Wedding Venue – wikimedia

2. Gedung Pertemuan

Gedung pertemuan juga bisa menjadi alternatif tempat melangsungkan pesta pernikahan. Tiap gedung memiliki tarif berbeda yang umumnya disesuaikan berdasarkan lokasi, kapasitas tamu, dan fasilitas yang tersedia.

Mirip seperti venue di hotel, ada pula gedung yang disewakan beserta dengan paket pernikahan tertentu. Jadi, biaya sewa gedung sudah mencakup biaya katering, dekorasi atau kebutuhan lainnya. Lebih praktis, namun mungkin juga jadi lebih mahal. Bila ingin menyewa gedung dengan tarif lebih murah, cobalah memilih gedung yang berada di lingkungan instansi pemerintahan.

3. Tempat Ibadah

Selain dijadikan sebagai tempat mengucap janji suci dalam upacara pernikahan, ada pula tempat ibadah yang bisa disewa untuk menggelar resepsi pernikahan. Biasanya, ruangan untuk menggelar resepsi tersebut menyatu dengan tempat ibadah atau berdiri di bangunan terpisah. Menggelar serangkaian acara sekaligus di satu tempat tentu akan menjadi sebuah kemudahan tersendiri. Sebab kamu tidak perlu repot berpindah tempat dari prosesi upacara akad/pemberkatan ke saat resepsi.

4. Rumah

Ini tempat pernikahan yang dianggap paling mudah sekaligus murah. Sebab calon pengantin tak perlu repot memastikan tanggal tersedia dan mengeluarkan bujet untuk venue pernikahan. Meskipun begitu, pertimbangkanlah biaya tak terduga lain yang perlu dianggarkan ketika memilih rumah sebagai tempat resepsi. Mulai dari biaya tambahan daya listrik, kebutuhan toilet portable jika toilet di rumah tidak mumpuni, menyewa lahan parkir, hingga sewa tenda.

5. Venue Outdoor Dengan Pemandangan Alam

Venue
Foto: Dokumentasi Pandawa Cliff Estate

Calon pengantin kerapkali memiliki impian untuk tidak menikah di dalam ruangan, melainkan di tempat outdoor dengan pemandangan alami. Nah, untuk mewujudkan impian tersebut, saat ini ada banyak venue pernikahan yang menonjolkan pemandangan alam sekitar sebagai daya tarik. Biasanya venue outdoor tersebut berada di sebuah taman yang cantik atau di pinggir pantai seperti venue yang banyak terdapat di Bali.

6. Restoran

Meskipun restoran lebih populer sebagai tempat menyantap hidangan. Tetapi beberapa restoran tertentu juga ada yang menyediakan paket khusus untuk menggelar resepsi pernikahan. Hidangan lezat, dekorasi tematik, dan suasana hangat merupakan sederet kelebihan bila kamu menggelar pernikahan di restoran. Jadi coba ingat kembali apakah kalian berdua memiliki restoran favorit? Karena bisa jadi restoran tersebut cocok untuk menggelar resepsi pernikahan.

7. Venue Unik yang Antimainstream

Mengucap janji sehidup-semati di gedung pertemuan, rumah, atau taman kota mungkin ialah hal biasa. Lantas apa jadinya bila perayaan hari pernikahan dilaksanakan di venue yang tak lazim, bahkan tak semestinya dijadikan tempat melangsungkan pernikahan? Wah, pasti atsmofer pernikahan terasa lebih unik dan berkesan.

Ya, menemukan venue yang luar biasa tentu akan menciptakan faktor ‘wow’ yang membuat acara pernikahan semakin berkesan. Namun, diperlukan sedikit imajinasi dan usaha ekstra untuk menemukan venue tersebut.(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

 

LEAVE A REPLY