Empat Hal Penting Sebelum Memilih Venue Pernikahan Favorit

0
652
venue pernikahan
Ilustrasi - Background image created by V.ivash - Freepik.com

SELAMA ini mungkin kamu sudah mengincar beberapa venue pernikahan favorit untuk hari bahagiamu nanti. Entah itu di sebuah gedung pertemuan yang memuat banyak kapasitas undangan atau mungkin sebuah taman cantik yang cocok untuk konsep outdoor. Banyaknya pilihan venue pernikahan terkadang memang membuat calon pengantin semakin bimbang.

Eits, tapi jangan terlalu terburu-buru dalam memilih venue pernikahan ya. Karena sebelum memilah venue pernikahan favoritmu, pastikan beberapa hal penting berikut sudah kamu lakukan. Apa saja ya? Mari kita simak artikel selengkapnya!

Kapan Pesta Pernikahan Akan Digelar ?

Bisa dikatakan, tanggal pernikahan merupakan keputusan pertama yang perlu ditentukan sebelum memikirkan kebutuhan pesta yang lain, termasuk venue pernikahan. Mungkin selama ini kamu sudah mulai mengincar beberapa venue pernikahan favorit. Namun, bagaimana bisa untuk mem-booking venue pernikahan jika tanggal pernikahan saja belum dipastikan.

Berapa Jumlah Tamu Undangan ?

Jumlah tamu yang diundang amat penting karena akan membantumu memilih venue pernikahan yang sesuai. Jangan sampai venue terlihat terlalu besar atau malah membuat tamu tidak nyaman karena sempit. Jika dirasa jumlah tamu undangan pasti tidak bisa diputuskan secara cepat, setidaknya kamu sudah mulai membayangkan akan seperti apa konsep pesta pernikahan digelar. Apakah pesta dengan konsep grand wedding atau justru intimate wedding.

Tentukan Bujet Pernikahanmu

Ini juga tak kalah pentingnya loh. Anggaran. Meskipun sulit, tapi kamu harus pintar-pintar memutuskan berapa jumlah anggaran pada tiap pos biaya pesta. Lepas itu, barulah pilih venue yang sesuai dalam bujet. Paling tidak dibutuhkan sekitar 9% hingga 10% bujet untuk venue pernikahan dari total kisaran biaya keseluruhan.

Lokasi Tempat Pernikahan

Lokasi pernikahan merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih venue pernikahan. Bisa dibayangkan apabila tempat berlangsungnya acara terlalu sulit untuk dijangkau maka para tamu undangan akan enggan menghadiri pesta pernikahan. Untuk itu, selain memilih venue pernikahan yang sesuai dengan bujet atau kapasitas ruangan, pertimbangkan pula pemilihan lokasi yang tepat. Pilihlah tempat pernikahan paling strategis dengan memprakirakan jarak rumah kedua mempelai dan daerah mayoritas tamu undangan. (*)

 

INTAN WIDIASTUTI | TR

LEAVE A REPLY