Agar Tak Repot Saat Menggelar Pernikahan di Luar Kota

0
656
Photo: Istimewa/Thewedding.Id

MENGGELAR pernikahan di luar kota itu tidak mudah. Sebab selain harus mencari tempat pernikahan yang strategis, Anda juga harus memikirkan akomodasi hingga menyediakan transportasi untuk mengantarkan tamu undangan agar hadir ke pesta resepsi pernikahan Anda.
Jika hal tersebut tidak Anda pikirkan dengan cermat, para tamu undangan bisa mengeluh dan kecewa. Mereka berangapan bahwa effort yang mereka berikan sudah maksimal, sampai menyempatkan diri untuk datang, namun pada saat sudah berada di kota tujuan, mereka malah menjadi kerepotan dan kebingungan.
Karena itu butuh persiapan ekstra agar saat menggelar pernikahan di luar kota tidak mengecewakan keluarga, kerabat, teman, hingga tamu yang lainnya. Untuk itu sebelum mengundang mereka untuk menghadiri pernikahan Anda yang digelar di luar kota maka ada baiknya Anda memberikan informasi detail seputar tempat penginapan, transportasi lokal, rundown acara dan lain-lain. Nah berikut ini adalah tipsnya :
Pastikan izin orang tua
Sebelum menggelar pernikahan di luar kota, tidak ada salahnya meminta izin kepada orang tua. Bicarakan rencana Anda dalam menggelar pernikahan tersebut, tentukan tamunya dan segera susun bujetnya. Dengan mengantongi restu kedua orang tua, semoga pernikahan yang Anda gelar tidak akan menemui hambatan di tengah jalan.
Perhatikan akses ke lokasi
Salah satu yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana membawa para tamu dari bandara, stasiun atau lokasi penginapan menuju ke tempat acara pernikahan. Anda tentu tidak ingin mereka kerepotan karena harus mencari tahu sendiri lokasi wedding venue Anda bukan? Karena itu tidak ada salahnya menyediakan mobil jemputan di bandara atau stasiun kereta. Jika tamu tersebut menginap di hotel maka siapkan informasi transportasi lokal selama di kota tujuan.
Sesuaikan dengan budget
Bukan berarti menggelar pernikahan di luar kota, Anda dan pasangan bisa lebih menekan bujet pernikahan. Justru Anda harus memikirkan bujet lain seperti biaya akomodasi dan transportasi untuk membawa para tamu undangan yang hadir ke pernikahan Anda. Jadi pastikan Anda siap dengan bujet tersebut.
Jelaskan detail lokasi dan acara di undangan
Cantumkan detail informasi acara dan lokasi pesta pernikahan Anda di undangan, agar para tamu bisa menemukannya dengan mudah, plus ada tambahan bagaimana menggunakan transportasi lokal selama berada di tujuan. Bila perlu berikan nama-nama penginapan agar para tamu bisa langsung ke penginapan tersebut, termasuk tempat salon bagi para tamu wanita agar mereka bisa mendandani diri sebelum hadir ke pesta pernikahan Anda. Tidak ada salahnya Anda mempercayakan urusan mengkoordinir para tamu ini pada satu orang agar semua pertanyaan dari para tamu bisa dijawab dengan baik dan jelas.
Jangan abaikan brides maid dan best man
Sahabat adalah hal terpenting dalam hidup Anda, karenanya jangan sampai Anda mengabaikan mereka. Apalagi mereka sudah bersusah payah untuk mau meluangkan waktu, uang dan tenaga untuk hadir ke pesta Anda. Pastikan mereka semua terlayani dengan baik dari urusan akomodasi, konsumsi sampai transportasi. Jangan sampai mereka mengeluh dan kecewa ya…
 
Ali Imron H
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here