Tiga Cara Gampang dan Gratis Bikin Desain Undangan Pernikahan Sendiri

0
802

UNDANGAN pernikahan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam pesta pernikahan. Melalui undangan pernikahan para tamu pernikahan tentu akan lebih mudah mengetahui informasi seputar pesta pernikahanmu kelak. Nah, jika selama ini kamu berencana menyewa jasa designer graphic untuk membuat undangan pernikahan, bagaimana bila kamu membuat desain undangan pernikahan sendiri?

Tak masalah bila kamu tak punya ilmu grafis sekalipun. Berkat kecanggihan teknologi kini ada begitu banyak aplikasi maupun software desain grafis yang memungkinkan pengguna merancang sendiri undangan pernikahan dengan mudah. Kabar baiknya lagi, desain undangan pernikahan tersebut bisa dibuat secara gratis.

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis gratis yang telah berdiri sejak tahun 2012. Hingga saat ini, Canva telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia lhom Fellas! Dengan moto “Amazingly simple graphic design software” Canva tergolong mudah digunakan bahkan untuk orang non-graphic designer sekalipun. Langsung saja kamu cari tahu tips membuat desain undangan pernikahan  menggunakan Canva.

Pertama, kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan situs ini. Pilihan mendaftar bisa melalui Facebook, Google, atau email.

Kedua, Canva akan meminta kamu untuk memilih salah satu dari profesi yang tersedia. Jika profesimu tidak termasuk salah satu diantara pilihan tersedia cukup pilih ‘None of the above applies’ di bagian tengah bawah.

Ketiga, karena tujuanmu masuk ke Canva untuk membuat undangan pernikahan, pilih desain ‘invitation,’ lalu klik ‘wedding invitation’.

Keempat, Canva akan membawmu ke halaman desain. Mulailah dengan memilih template desain undangan pernikahan di sisi kiri layar. Tak cuma itu, Canva juga menyediakan ratusan opsi untuk desain undangan bridal shower, rehearsal dinner, atau wedding program.

Kelima, template yang kamu pilih ini bukan harga mati Fellas. Ganti informasi yang tersedia dengan informasi seputar pernikahanmu. Kamu juga masih bisa mengubah desain sesuai selera, seperti font, warna, background, atau format tulisan.

Keenam, jika dirasa ingin menambah elemen lain Canva juga menyediakan beragam tools seperti shapes, grid, frame, foto, dan lain sebagainya. Pilih dengan cara mengklik elemen menu di sisi kiri halaman.

Ketujuh, setelah selesai membuat desain yang diingankan, download gambar di menu yang terletak di bagian atas side bar. Ada tiga format yang tersedia yakni PDF, JPG, dan PNG.

Kelebihan :
– Pilihan desain undangan pernikahan gratis cukup bayak.
– Desain yang belum selesai akan secara otomatis tersimpan di akunmu.

Kekurangan : Perlu regristasi untuk bisa menggunakan Canva.

2. Spark Adobe

Nama Adobe mungkin sudah tak asing lagi dalam kancah desain grafis. Kini Adobe System juga mengembangkan sebua rangkaian aplikasi pengarsipan terpadu untuk mobile dan web yang bernama Spark Adobe. Didirikan tahun 2016, situs ini telah diunduh lebih dari 3,5 juta kali dan menjadi perusahaan pertama yang diberi nama oleh Apple sebagai App App Store Terbaik 2016.

Penasaran dengan cara kerja Spark Adobe? Langsung saja kunjungi laman spark.adobe.com setelah itu ikuti langkah berikut untuk membuat undangan pernikahan impianmu!

Pertama,  sama seperti Canva, Spark Adobe juga mengharuskan pengguna untuk mendaftar terlebih melalui Google, Facebook, atau email.

Kedua, pilih menu feature yang ada pada bagian bawah side bar, setelah itu pilih  ‘make a design’ dan pilih ‘wedding invitation.’

Ketiga, here we go! Saatnya buat sendiri undangan pernikahanmu sendiri dengan memilih terlebih dahulu contoh desain yang tersedia.

Keempat, ganti informasi yang tersedia pada template dengan informasi seputar pernikahanmu. Kamu juga bisa mengubah font, background, warna, dan template lho.

Kelima, setelah itu kamu bisa mendownload desain yang telah dibuat. Gambar akan otomatis tersimpan dalam format JPG.

Kelebihan :

Adobe Spark juga memiliki fitur Adobe Spark Video untuk kamu yang tak ingin undangan pernikahan cetak. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menambahkan elemen musik, gambar, dan link demi hasil yang lebih menarik.

Kekurangan :

– Dibandingkan canva, spark adobe mungkin kurang ramah untuk pengguna baru.
– Varian template gratis untuk undangan pernikahan lebih sedikit.

3. FotoJet

FotoJet memang lebih terkenal sebagai situs yang menyediakan edit foto online secara instant. Namun ternyata, situs ini juga memungkinkan para penggunanya membuat sendiri desain undangan pernikahan secara mudah dan gratis. Sebelum meluncur ke situs www.fotojet.com kamu bisa memahami melalui langkah-langkah berikut ini.

Pertama, mulai dengan memilih tab ‘create a design.’

Kedua, muncul beberapa pilihan desain sesuai kategori yang disediakan. Untuk membuat desain undangan pernikahan pilih kelompok ‘invitation’.

Ketiga, voila., munculah tampilan muka desain undangan pernikahan di FotoJet. Sekilas, tampilan muka ini  amat mirip dengan Canva.

Keempat, cari desain layout undangan pernikahan yang kamu inginkan di bagian sisi kiri layar. Bila ingin lebih gampang, gunakan kolom pencarian dengan cara mengubah opsi  ‘all’ menjadi ‘wedding’.

Kelima, setelah memilih desain yang kamu inginkan, silahkan ubah sesuai selera. Caranya, cukup klik bagian yang ingin diubah, maka otomatis muncul kotak dialog yang semakin memudahkan kamu mengubah desain undangan pernikahan.

Keenam, FotoJet juga memungkinkan kamu menambah atau mengubah desain layout seperti clip art, background, foto, atau teks. Fitur tersebut muncul pada sisi paling kiri tampilan.

Ketujuh, setelah desain rampung silahkan simpan file dengan format jpg atau png. Pengguna juga bisa membagikan ke media sosia, mencetak langsung, atau menyimpan desain.

Kelebihan :  Fotojet tetap bisa dilakukan tanpa perlu regristrasi.

Kekurangan : Pilihan template yang tersedia gratis tergolong sangat sedikit. Resolusi ukuran gambar gratis hanya tersedia untuk size small dan medium.(*)

Baca Artikel Ini : Contoh Undangan Sekaligus Suvenir, Hemat dan Praktis!

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY