Tips Memilih Bahan Kertas Sesuai Konsep Kartu Undangan

0
307
Jenis Kertas Untuk Kartu Undangan Pernikahan
Ilustrasi - Freepik

KARTU undangan menjadi hal penting yang harus dipikirkan saat mempersiapkan pesta pernikahan. Bukan hanya sekadar dijadikan media untuk mengundang teman dan kerabat dekat, kartu undangan baiknya juga didesain khusus dan istimewa, disesuaikan dengan konsep pernikahanmu.

Masalah yang kerap kali muncul saat calon pengantin hendak memesan kartu undangan adalah menentukan jenis kertas yang akan digunakan. Banyak diantaranya yang bingung harus memilih yang mana. Padahal tiap jenis kertas bisa menampilkan hasil desain yang berbeda.

Berikut tips yang bisa kamu jadikan panduan ketika ingin memilih jenis kertas undangan agar sesuai dengan desain yang ingin kamu tampilkan!

Baca Artikel Ini: Tips Membuat Kartu Undangan Custom Sesuai Keinginan

Kartu Undangan Hard Cover

Jika kamu memilih kartu undangan hard cover pilihlah kertas berjenis art paper dengan gramature mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, atau 150gr. Kombinasikan kertas art paper dengan kertas karton padi untuk covernya dan kertas jasmine untuk bagian isinya.

Kertas art paper menghasilkan hasil cetakan yang bagus karena rasternya halus dan tidak menyerap cat, sehingga warnanya lebih solid. Apalagi jika dilaminating glossy atau doff, warnanya tentu akan lebih maksimal dan mewah. Selain itu, kertas berjenis art carton juga bagus dijadikan pilihan untuk udangan hard cover.

Kartu Undangan Full Color

Nah, untuk kamu yang suka dengan kartu undangan full color, kertas berjenis ivory bisa menjadi pilihan. Jenis ini mirip dengan art carton, namun hanya memiliki satu sisi kertas yang permukaannya licin. Gramature-nya bisa dipilih dari 190gr, 210gr, 230, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

Kartu Undangan dengan Egek Glitter

Kertas jasmine menjadi salah satu jenis kertas yang umum digunakan untuk membuat kartu undangan pernikahan. Permukaan kertas ini memiliki glitter-glitter berwarna yang memberikan kesan glamor. Gramature-nya tidak banyak pilihan, hanya ada tebal dan tipis.

Selain jasmine, kertas berjenis mecy paper juga bisa digunakan untuk konsep kartu undangan dengan efek glitter. Kertas bertekstur ini juga hanya memiliki gramature tipis atau tebal.

Kartu Undangan Artistik

Kamu memiliki desain unik dan artistik untuk kartu undangan? Kenapa tidak memilih kertas daur ulang? Biasanya kertas daur ulang memiliki tekstur unik yang bisa menjadikan kartu undanganmu tampak lebih artistik dan tidak biasa.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY