Tips Dekorasi Pernikahan Sederhana Namun Tetap Cantik dan Elegan

0
2218
Ilustrasi - FREEPIK

DEKORASI pernikahan yang menakjubkan tak selamanya harus diwujudkan dengan banyak ornamen yang malah terkesan ramai. Sebab dengan dekorasi bergaya simpel saja, pesta pernikahanmu tetap terlihat indah dan mencuri perhatian tamu undangan.

Meskipun simpel namun bukan berarti dekorasi pernikahan akan terlihat ‘biasa-biasa saja.’ Dengan pemilihan detail ornamen, warna, serta pencahayaan tepat dekorasi bergaya simpel pun tetap terlihat menarik dan indah dipandang mata. Lantas bagaimana caranya?

Lucy dari Elssy Decoration memberikan beberapa tips bagaimana menciptakan dekorasi pernikahan simpel namun terlihat cantik dan elegan. Menurut pemilik vendor dekorasi pernikahan ini, mengaplikasikan dekorasi pernikahan yang simpel memang terbilang sulit. Sebab dekorator harus membuat dekorasi tetap terlihat menarik namun tidak terkesan berlebihan. Namun bukan berarti hal ini mustahil untuk diwujudkan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mewujudkan sebuah dekorasi pernikahan sederhana, namun tetap terlihat indah dan elegan.

Pilih Venue Pernikahan yang Sudah Cantik

Beruntung jika kamu berhasil menemukan venue pernikahan yang sudah memiliki ambience cantik, baik dari segi desain arsitektur, pemandangan, atau interiornya. Menurut Lucy, venue yang cantik ini amat mendukung untuk mewujudkan dekorasi pernikahan yang simpel.

Dengan venue yang memiliki interior cantik itu artinya tak perlu menambah banyak ornamen untuk membuat dekorasi pernikahan terlihat memukau. Cukup hias beberapa bagian venue pernikahan, selanjutnya biarkan venue pernikahanmu yang memperindah suasana.

Namun sayangnya di Indonesia sendiri mendapati venue seperti ini memang bukan perkara mudah. Sekalipun ada biasanya venue seperti ini diperoleh di restoran atau function house dengan kapasitas ruangan yang sedikit. “Kalau konsep dekorasi simpel dipadukan dengan venue ballroom mungkin terkesan jomplang,” ujar Lucy saat diwawancari via telepon. Untuk itu, gaya dekorasi sederhana ini paling tepat diaplikasikan pada pesta pernikahan berkonsep intimate yang tidak mengundang banyak tamu.

Pilihlah Warna-warna Pastel

Untuk mewujudkan dekorasi pernikahan yang simpel, warna pastel merupakan pilihan tepat untuk tema warna pernikahan. Warna pastel mampu memberi kesan simpel namun tetap terlihat menarik dan elegan. Sebagai pilihan kamu bisa mengaplikasikan warna pastel seperti putih, warna mutiara, blush blue, atau blush purple sebagai tema warna pernikahan.

Bermain dengan teknik pencahayaan

Tak dipungkiri banyak calon pengantin yang menganggap sepele pencahayaan atau kebutuhan penerangan dalam dekorasi pernikahan. Padahal dengan pencahayaan yang tepat suasana pesta akan terasa lebih berbeda. Jika kamu mendambakan dekorasi pernikahan sederhana, Lucy menyarankan untuk menggunakan lighting dengan nuansa warm seperti kekuningan atau gading (amber).

Kamu bisa memadukan teknik pencahayaan ini melalui ornamen dekorasi seperti lampu gantung, lilin, lampu unik, atau lentera yang indah. Lalu, lihatlah bagaimana permainan cahaya bisa menciptakan suasana yang diinginkan tanpa kehilangan nuansa dekorasi pesta yang sederhana.

Perhatikan Detail Ornamen

Prinsip dari dekorasi sederhana ialah kesan suasana yang tidak terlihat berlebihan namun tetap menarik dan elegan. Untuk itu kamu bisa mengaplikasikan melalui ornamen yang kaya akan detail. Beberapa ornamen seperti chandelier atau pernak-pernik kristal dianggap cocok untuk mewujudkan dekorasi simpel ini.

Elemen dekorasi terlalu sedikit tentu akan tampak kurang enak dilihat. Sedangkan dekorasi pernikahan yang berlebihan justru akan jauh dari kesan sederhana. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagian apa saja yang wajib mendapatkan sentuhan dekorasi pernikahan. Jadi, pastikan seluruh dekorasi pernikahan mendapat bagian sesuai porsinya.(*)

Agar lebih jelas langsung saja yuk kita tengok beberapa contoh dekorasi simpel namun cantik dan elegan.

Baca Artikel Ini : Dekorasi Pernikahan Minimalis Untuk Pesta Pernikahan di Rumah 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY