Tidak Akan Kurang, Ini Tips Jitu Merencanakan Menu Pernikahan!

0
5311
Tidak Akan Kurang, Ini Tips Jitu Merencanakan Menu Pernikahan!
Ilustrasi - Freepik

MAKANAN menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah pesta pernikahan. Jenis dan jumlah makanan yang disiapkan harus dipikirkan matang-matang, agar para tamu undangan puas dan tidak pulang dengan perut kosong. Namun, bukan berarti kamu diharuskan untuk memesan makanan secara berlebihan hanya karena takut kurang.

Ada dua jenis metode penyajian yang kerap ditemui dalam sebuah acara pernikahan, yakni buffet (prasmanan) dan stall (gubukan). Nah, untuk merencanakan menu buffet dan stall yang ideal ada beberapa tips penting yang harus kamu ketahui:

Memperkirakan Jumlah Tamu yang Datang

Untuk memesan makanan, tentu kamu harus memperkirakan berapa jumlah tamu undangan yang akan datang. Dengan begitu, kamu harus mengetahui berapa jumlah undangan yang disebar, baik undangan fisik maupun undangan yang disebar melalui media sosial. Hitung pula jumlah keluarga besar dari kedua belah pihak.

Menurut pengalaman, rata-rata tamu yang hadir ke sebuah pesta pernikahan hanya 80% dari keseluruhan undangan yang disebar. Masing-masing undangan diperkirakan membawa satu orang partner. Kalau misalnya undangan yang disebar sebanyak 1000 eksemplar berarti perhitungannya (1000×2)x80% = 1600 orang. Jadi, perhitungan menu makanan yang harus disiapkan adalah untuk 1.600 orang.

Baca Artikel Ini: Ini Perhitungan Biaya Catering Pesta Pernikahan

4 atau 1+2

Apakah kamu tahu maksud dari angka-angka di atas? Ya, itu merupakan dua jenis tipe orang dalam memilih menu makanan. Ada orang yang memilih untuk memakan 4 porsi stall saja, tapi ada juga yang lebih memilih 1 porsi buffet dan 2 porsi stall. Dari perhitungan tersebut, disimpulkan kalau kamu harus lebih banyak menyediakan makanan stall.

Pastikan Buffet selalu Tersedia

Kamu harus memastikan bahwa makanan di meja prasmanan selalu tersedia. Segera isi ulang jika ada menu yang habis agar tamu yang sudah mengantri tidak kecewa. Lagipula, biasanya makanan di stall lebih cepat habis, sehingga tamu yang datang di waktu-waktu akhir tetap bisa mendapatkan makanan di meja prasmanan.

Baca Artikel Ini: Tips Menyiapkan Hidangan Prasmanan Untuk Pesta Pernikahan

Memilih Menu yang Tepat

Pilihlah menu yang memang banyak disukai para tamy. Tidak perlu memilih menu kebrat-baratan yang asing ditelinga. Memang orang mungkin akan tertarik karena penasaran, namun tidak menjamin para tamu menyukainya. Malah bisa-bisa terlihat ada banyak piring dengan sisa makanan. Selain itu, pilih juga menu dengan kandungan karbohidrat dan protein yang bervariasi. Terkadang ada beberapa orang yang ternyata alergi terhadap makanan tertentu.

Baca Artikel Ini: Canapé : Menu yang Cocok Disajikan Pada Pesta Pernikahan

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY