Tips Menghadirkan DJ untuk Hiburan Pernikahan

0
2178
Tips Menghadirkan DJ
Ilustrasi - Freepik.com

DISC jockie atau DJ mungkin identik dengan hiburan di klub malam atau pesta tertentu. Sekalipun diundang di pesta pernikahan, permainan musik DJ biasanya dihadirkan sebagai hiburan after party setelah acara resmi selesai. Padahal, tak masalah lho bila kamu meminta sang DJ meracik musiknya untuk diputar selama acara berlangsung.

Bukan hanya menyajikan musik bergenre hip hop atau warehouse semata, seorang DJ profesional juga mampu menyajikan musik lain yang dibutuhkan dalam pesta pernikahan. Mulai dari musik pengiring upacara kirab, hingga musik untuk mengiringi upacara pemotongan kue. Asalkan kamu mengkomunikasikan seputar playlist yang diinginkan dan membaca tips selengkapnya berikut ini sebelum mengundang DJ di hari bahagiamu.

1. Perhatikan Venue Pernikahan

Sebelum memutuskan untuk mengundang DJ sebagai penghibur di pestamu pastikan dahulu di mana venue akan digelar. Setelah itu, koordinasikan kepada pihak venue seputar perizinan menghadirkan DJ sebagai hiburan pernikahan. Sebab beberapa venue tertentu bisa jadi melarang kehadiran jenis hiburan ini dengan alasan kebisingan atau alasan lainnya.

2. Sampaikan Tema Pernikahan yang Kamu Usung

Tema pernikahan merupakan salah satu hal yang membedakan hari istimewamu dengan pernikahan lainnya. Agar nuansa tema yang diusung semakin terasa dengan iringan musik yang dihadirkan, kamu bisa menginformasikan hal ini kepada DJ yang diundang. Minta sang DJ memainkan lagu tertentu sesuai tema yang diusung. Misalnya jika pernikahanmu mengambil tema retro atau vintage maka DJ bisa memutar lagu lawas tertentu agar sesuai dengan tema yang diusung.

3. Mengatur Playlist

Sang DJ mungkin lebih paham playlist untuk acara pernikahanmu. Namun paling tidak, kamu perlu membuat playlist lagu apa yang ingin diputar dan tidak boleh diputar di hari pernikahanmu.

Setidaknya berikan playlist kepada sang DJ minimal dua minggu sebelum hari pernikahan. Tidak hanya memberikan playlist, sampaikan pula kapan saja momen di pesta pernikahanmu yang butuh iringan musik sang DJ.

4. Menyewa DJ profesional ?

Ada begitu banyak nama DJ profesional di Indonesia, namun tak semua DJ tersebut berpengalaman tampil di pesta pernikahan.  Akan menjadi sebuah keuntungan bila kamu mengundang DJ yang memang sudah pernah menangani acara pernikahan. Mereka tentu lebih paham bagaimana mengatur mood para tamu undangan melalui racikan musik yang diputar.

5. Persiapkan kebutuhan DJ

Sama seperti jenis hiburan lainnya, DJ mungkin butuh satu hingga dua jam sebelum acara dimulai. Mulai dari menyiapkan peralatan, cek sound, dan memverifikasi playlist.

Untuk itu berikan sediakan tempat untuk mereka menyiapkan diri. Bila perlu sediakan camilan dan minuman ringan untuk membuat sang DJ berenergi menghibur pesta pernikahanmu.*

Baca Artikel Ini : Empat Hiburan yang Bikin Resepsi Lebih Seru dan ‘Kekinian’

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here