Enam Hal Penting untuk Menghemat Biaya Hidangan Pernikahan

0
969
Ilustrasi Hidangan Pernikahan

HIDANGAN pernikahan ibarat jamuan utama yang disiapkan pemangku hajat untuk tamu undangan yang telah hadir di pesta pernikahan. Maka sudah selayaknya jika kamu perlu menjamu tamu undangan dengan hidangan pernikahan lezat. Jadi, jangan heran pula bila hidangan pernikahan ini akan menguras biaya pernikahanmu kelak.

Menurut Diany Pranata, wedding organizer yang telah berpengalaman lebih dari 17 tahun mengungkapkan paling biaya hidangan pernikahan membutuhkan 40% hingga 50% dari total bujet yang disediakan. Meskipun begitu, sah-sah saja jika calon pengantin ingin menganggarkan sebesar 20% atau 30% dari total biaya pernikahan untuk hidangan pernikahan. Asalkan jangan lebih dari 50%, sebab masih ada keperluan pernikahan lainnya.

Intinya, besarnya besarnya bujet yang dibutuhkan untuk hidangan pernikahan masih bisa dihemat fellas. Namun meskipun berniat hemat bukan berarti kamu bisa asal dalam menyiapkan kebutuhan hidangan pernikahan ini. Sebab, peristiwa kurangnya porsi makanan atau penyajian menu yang kurang layak malah akan jadi ‘malapetaka’ yang akan merusak pesta.

1. Temukan Vendor Hidangan Pernikahan yang Tepat

hidangan pernikahann
Ilustrasi Hidangan Pernikahan – freepik

Vendor katering akan menjadi penentu bagaimana kualitas hidangan akan disajikan  dan berapa bujet yang diperlukan. Lakukan penelitian dengan mencari sebanyak mungkin referensi vendor yang menawarkan harga terbaik. Kamu bisa menemukan melalui ulasan di internet atau mencari informasi dari pengalaman teman tentang vendor tersebut.

Akan lebih menguntungkan bila kamu berhasil mendapatkan vendor lokal dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau. Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku bagi kamu memilih venue pernikahan yang sudah satu paket dengan food & beverage seperti hotel atau restoran ya!

2. Tentukan Jumlah Porsi Hidangan

meja hidangan
Dekorasi Meja Hidangan – Dok. Bella Donna The Wedding

Setelah menentukan daftar tamu undangan, kamu bisa menentukan jumlah porsi hidangan yang akan dipesan. Jangan sampai kurang atau berlebih yang akan menyebabkan mubazir dan membuang anggaran. Yang paling penting, jumlah porsi hidangan ini akan menjadi penentu berapa total biaya yang diperlukan.

Untuk menentukan jumlah porsi hidangan yang tepat, hitung berdasarkan jumlah tamu undangan lalu dikalikan dua. Misalnya, tamu undangan berjumlah 500 maka katering yang perlu dipesan ialah 1000 porsi. Jika pilihan penyajian hidangan adalah gaya prasmanan, maka kamu bisa membagi porsi tersebut sebagai menu prasmanan dan menu gubukan. Perhitungan pembagian porsi bisa 40:60 untuk menu prasmanan dan gubukan atau sebaliknya.

Perlu diingat pula bahwa tidak 100% tamu yang diundang akan menghadiri pesta. Namun sebaiknya jangan mengurangi porsi makanan karena porsi tersebut bisa digunakan untuk undangan yang hadir lebih dari dua orang atau pihak keluarga dan panitia.

3. Pilih Tema Penyajian

tema penyajian
Ilustrasi Tema Penyajian sitting dinner – pxhere

Tema penyajian makanan akan memengaruhi biaya yang perlu dibayar. Penyajian hidangan dengan tema prasmanan mungkin terkesan lebih mudah untuk disiasati daripada penyajian dengan tema sitting dinner.

Oleh sebab itu, konsultasikan kepada vendor katering pilihan katering yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Kamu juga bisa mengurangi satu atau dua jenis variasi lauk dan menu gubukan untuk menghemat biaya. Pastikan bahwa pihak vendor bisa mengatur strategi menyederhanakan menu namun tidak mengurangi kelezatan menu yang dihidangkan.

4. Perhatikan Waktu Penyajian Hidangan

hidangan resepsi sehat
Ilustrasi – freepik

Pesta yang digelar saat jam santap siang atau makan malam, mengharuskan sang pemangku hajat menghidangkan menu lengkap. Sebagai solusi, kamu bisa mengatur waktu pesta pernikahan untuk menghemat anggaran. Misalnya menggelar resepsi selepas jam makan siang sekitar pukul 2 hingga 5 sore atau pada pagi hari selepas jam sarapan. Kamu juga bisa memilih waktu resepsi usai makan malam dengan menu barbecue atau gaya cocktail party

5. Cermati Pilihan Menu

hidangan pernikahan
ilustrasi – freepik

Cermati pilihan menu pada hidangan pestamu.  Ada beragam pilihan bahan makanan yang terkenal lezat namun dijual dengan harga lebih murah. Misalnya mempertimbangkan untuk memilih ikan atau ayam sebagai pengganti lobster atau steak. Gunakan bahan makanan seperti lobster untuk campuran menu canape daripada makanan utama.

6. Tips Menghemat Dessert Pernikahan

Candy Bar – Instagram|youandyourevents

Perlu diingat bahwa dessert hanya sebagai menu pelengkap di pesta pernikahan. Jadi bijaklah saat memilih jenis kue. Kamu bisa memilih satu jenis cupcake pernikahan dan beberapa jenis kue lainnya sebagai variasi.

Selain itu kamu juga bisa menggnakan cara kreatif untuk dessert pernikahan, seperti menyajikan candy bar di sudut pesta. Memilih permen sebagai dessert tidak hanya hemat, tapi juga akan membuat siapa saja gemas karena warna-warni cerahnya. Beli dengan partai besar pada toko permen curah dan hiaslah dengan dekorasi menarik!(*)

Baca Artikel Ini : Menu Khas Indonesia yang Kerap Diburu Tamu Undangan

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY